Pasien Pertama di Dunia Terima Transplantasi Wajah & Tangan Ganda

bedah

Udah pernah denger operasi transplantasi wajah dan tangan dilakukan secara bersamaan? Transplatasi wajah dan tangan ganda pertama di dunia berhasil dilakukan para dokter di New York. Joseph DiMeo atau yang sering dipanggil DiMeo berumur 22 tahun menjalani kecelakaan mobil pada tahu 2018. DiMeo mengalami luka bakar yang sangat parah yaitu luka bakar tingkat 3 pada lebih dari 80% tubuhnya. Ujung jari-jarinya diamputasi, ia juga kehilangan bibir dan kelopak matanya. 

DiMeo mengalami kecelakaan saat perjalanan pulang setelah ia shift malam. Kemudian mobilnya mengalami kecelakaan dan terbakar. DiMeo sempat koma selama 3 bulan di fasilitas luka bakar akut dan menjalani 20 prosedur termasuk cangkok kulit dan transfusi darah.

Pada akhir tahun 2019 DiMeo masuk kedalam daftar tunggu transplantasi. Tapi setelah beberapa bulan pencarian dan persiapan untuk operasi terjadi pandemi Covid-19 sehingga tim kedokteran lebih fokus merawat pasien virus corona.

Akhirnya setelah penantian Panjang, di akhir tahun 2020, tim kedokteran mendapatkan pendonor yang ideal dengan DiMeo. DiMeo langsung melaksanakan procedure transplantasi selama hampir 1 hari. Setelah operasi transplantasi wajah dan tangan ganda, DiMeo menghabiskan hampir 2 bulan untuk perawatan inap dan setelahnya DiMeo masih harus terapi intensif selama hampir 2 bulan juga. Ia masih harus berlatih dan melakukan terapi untuk wajah dan tangannya.

Salut banget deh sama dokter-dokternya, berhasil operasi transplantasi wajah dan tangan yang pertama di dunia. Keren bangeettt! Dan mimin juga salut sama DiMeo karna udah kuat banget dan tetap semangat ngejalanin semua prosedurnya. Kalian juga tetep harus semangat yaaa!



Berita terkait