Fakta Menarik R.A Kartini

kartini

Selamat Hari Kartini khususnya untuk para wanita di Indonesia! Tetap semangat untuk berkarya yaaa para ladies, tetap junjung tinggi emansipasi wanita. Kalau ngomongin emansipasi wanita pasti langsung teringat dengan R.A Kartini. 

R.A Kartini dinobatkan sebagai pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno pada 1964. Kartini semasa hidupnya sangat peduli pada Pendidikan Indonesia khususnya untuk perempuan, sampai-sampai R.A Kartini membangun sekolah khusus wanita di Rembang. 

Agar kaum milenial tetap inget dengan Pahlawan Indonesia yang satu ini, berikut mimin bahas beberapa fakta tentang R.A Kartini :

  • R.A Kartini memiliki nama lengkap Raden Adjeng Kartini Djojo Adhiningrat. Beliau lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal dunia di usia 25 tahun pada tanggal 17 September 1904. Beliau meninggal tepat 4 hari setelah melahirkan anak pertamanya. Untuk mengenang jasanya maka tanggal kelahiran R.A Kartini dijadikan sebagai Hari Kartini.
  • R.A Kartini lahir dalam keluarga yang beda kasta. Ayahnya adalah seorang bangsawan dan ibunya hanya rakyat biasa.
  • R.A Kartini hanya bersekolah hingga usia 12 tahun. Beliau disekolahkan oleh ayahnya di Europese Lagere School. Tapi pada masa itu anak perempuan harus tinggal dirumah untuk dipingit, sehingga beliau berhenti sekolah.
  • Selama tinggal dirumah R.A Kartini sering membaca buku dan koran Eropa. Dari situ R.A Kartini mengetahui tentang kemaajuan berpikir perempuan Eropa dan timbul keinginan untuk memajukan perempuan pribumi yang berstatus sosial rendah.
  • Kegemarannya dalam membaca membuat Kartini memiliki wawasan yang luas. Perhatiannya tidak hanya soal emansipasi wanita, tetapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi, dan persamaan hukum.
  • Pada tahun 1903 orang tua Kartini memintanya untuk menikah dengan Bupati Rembang yaitu K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang sudah beristri tiga. Beruntungnya suami Kartini mendukung cita-citanya dan memperbolehkan Kartini membangun sekolah untuk wanita di Rembang.
  • Berkat kegigihan Kartini, kemudian keluarga Van Deventer mendirikan Yayasan Kartini dan membangun Sekolah Kartini di Semarang pada 1912 dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya.

Nah itu dia beberapa Fakta tentang R.A Kartini. Masih banyak lagi yang kita bisa gali dari kehidupan R.A Kartini dan pastinya sangat inspiratif. Kaum Milenial jangan sampai lupa yaa dengan jasa pahlawan-pahlawan Indonesia, karna kalau tanpa mereka mungkin kita masih dijajah:(



Berita terkait