Tersisa 1 Hari lagi peluang hidup 53 awak KRI Nanggala 402

kri nanggara 402

Rabu kemarin Indonesia di gemparkan dengan berita hilangnya Kapal Selam RI di perairan Utara Bali. KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) Nanggala 402 merupakan salah satu KRI yang sedang mengikuti latihan penembakan rudal dan torpedo yang digelar oleh TNI AL. KRI Nanggala dikabarkan hilang saat melaksanakan penyelaman latihan penembakan senjata strategi, komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala sekitar pukul 04.00 Rabu 21 April 2021. Sejak itu seluruh latihan dihentikan dan berfokus pada pencarian.

Melalui pengamatan udara ditemukan tumpahan minyak disekitar kapal menyelam. Analisa sementara dari TNI AL diduga terjadi black out atau mati listrik saat menyelam statis, sehingga kapal tidak terkendali dan jatuh pada kedalaman 600-700 meter. kemungkinan terjadi kerusakan tangki BBM (retak) karena tekanan air laut sehingga terjadi tumpahan minyak. Tapi belum dapat dipastikan itu adalah bahan bakal dari KRI Nanggala 402.

Kepala Staf Angkatan Laut TNI Yudo Margono mengatakan, persediaan oksigen di kapal selam akan habis pada Sabtu (24/4) pukul 03.00. Sampai saat ini KRI Nanggara 402 masih dalam pencarian oleh lima kapal perang, satu helikopter TNI AL dan kapal selam dari Singapura & Malaysia. Mencari kapal selam yang tenggelam terlalu dalam akan menyulitkan penyelamatan. Banyak pihak menyatakan peluang bertahan hidup bagi 53 orang di dalamnya menipis. 

Yaampun mimin merinding ya denger beritanya, ga kebayang gimana keadaan orang-orang didalamnya. Semoga KRI Nanggara 402 bisa secepatnya ditemukan sebelum cadangan oksigennya habis di Sabtu besok:(



Berita terkait