Hari Ini Vaksinasi Gotong Royong Dimulai

vaksinasi

Vaksinasi Gotong Royong dilaksanakan hari ini, bergeser satu hari dari jadwal yang telah direncanakan pemerintah sebelumnya yaitu pada Senin 17 Mei 2021. Pelaksanaan vaksinasi diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19. 

Vaksinasi gotong royong diperuntukkan bagi karyawan swasta atau keluarganya atau individu lain yang dibiayai oleh perusahaan atau badan usaha, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk vaksinasi ini. Selain pendanaan yang menjadi tanggung jawab perusahaan, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan di fasilitas kesehatan non pemerintah, agar tidak mengganggu jalannya program vaksinasi dari Pemerintah. 

Berbeda dengan yang digunakan untuk program vaksinasi pemerintah, vaksin yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong adalah vaksin Sinopharm dan CanSino. Indonesia telah menerima sebanyak 1 juta dosis vaksin Sinopharm. Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan efikasi dari Sinopharm sebesar 78%. Vaksin Sinopharm bisa diberikan kepada kelompok usia dewasa mulai 18 tahun sampai lansia. Penyuntikan dilakukan dua dosis dengan jarak 21 – 28 hari. 

Perusahaan yang ingin ikut berpartisipasi membiayai pembelian vaksin untuk diberikan kepada karyawan dan keluarga karyawan dapat mengisi formulir pendataan program vaksinasi gotong royong ini, selambatnya 21 Mei 2021. Selain itu, untuk melakukan pendaftaran program Vaksin Gotong Royong bisa melalui https://vaksin.kadin.id/#!/kuesioner untuk pendataan perusahaan yang hendak mengikuti program ini.



Berita terkait