Masih Ingat Bir Pletok? Ini Fakta Tentang Bir Pletok

bir pletok

Kaum milenial ada yang tau ga nih Bir Pletok? Mungkin Sebagian besar pada gatau ya minuman ini, kalau tau juga kaya nya cuma tau nama doang, gatau bentuk dan asal usulnya. Iya kan? Ngaku aja deh hehee… Masih hangat dengan suasana ulang tahun Jakarta yang ke-494, mimin mau bahas nih salah satu minuman tradisional masyarakat Betawi. 

Yap bir pletok merupakan minuman khas Betawi. Tapi jangan salah yaa walaupun namanya bir tapi ga ada kandungan alcohol sama sekali loh di minuman ini. Minuman ini juga dijuluki sebagai bir halal, mau tau fakta lainnya? Yuk kita bahas..

  • Meniru wine

Dulunya bir halal ini dibuat karna zaman dulu masyarakat Belanda suka minum wine saat pesta dan memberi efek hangat dalam tubuh. Saat itu masyarakat Betawi yang mayoritas beragama Islam akhirnya menciptakan minuman khas yang dapat menghangatkan tubuh dan pastinya halal.

  • Mengandung rempah-rempah

Bir pletok ini terbuat dari rempah-rempah yaitu jahe, serai, kayu manis, kayu secang dan gula merah yang direbus jadi satu dan menghasilkan warna merah seperti wine

  • Dibalik nama bir pletok

Ada yang tau ga sih kenapa dinamain bir pletok? Pletok itu apa ya? Pletok itu berasal dari bunyi yang keluar saat orang Belanda buka botol wine dan terdengar seperti “pletok”. Haha unik juga yaa namanya.

  • Dulu disajikan panas

Dulu bir pletok biasanya disajikan malam hari saat musim hujan, sebagai penghangat. Tapi mau panas atau dingin, minuman ini tetep memberi efek hangat pada tubuh.

Menarik juga ya fakta-fakta dari bir pletok ini. Sejujurnya mimin juga baru tau hehe.. Ada yang tertarik untuk nyobain? Tapi sekarang makin susah nih nemuin minuman ini, padahal dulunya minuman rakyat yang biasa dijual keliling. Jadi kalau sekarang kalian nemu bir pletok, kayanya kalian harus cobain deh hehee…



Berita terkait